Artikel ini telah dimuat di Technology-Indonesia.com pada 2012

DALAM RANGKA pelaksanaan EBTKE Conex 2012 yang dilaksanakan 17-19 Juli 2012, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi bekerjasama dengan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) mengadakan Lomba Penulisan Artikel dan Foto Energi Terbarukan. Lomba ini terbuka untuk wartawan maupun penulis yang telah mempublikasikan artikel atau foto tentang energi terbarukan di media massa dalam kurun waktu 1 Juni 2011 – 30 Juni 2012.

Setelah batas akhir naskah tanggal 10 Juni 2012, pada hari Senin, 16 Juli 2012, Dewan Juri menilai menilai naskah lomba. Dewan Juri terdiri dari Arya Rezavidi, MEE, Ph. D (anggota Dewan Pakar METI), Ir. Yuni Ikawati (wartawan senior, Ketua Mapiptek), dan Albarsyah (penulis bidang energi dan pertambangan). Dewan Juri menilai naskah berdasarkan kriteria yaitu penggunaan EYD, gaya bahasa, substansi, deskripsi, investigasi, analisa dan solusi. Dari kriteria penilaian tersebut akhirnya terpilih masing-masing 3 pemenang untuk kategori wartawan maupun penulis.

Juara 1 Kategori wartawan diraih oleh Retno Sulistyowati, wartawan Majalah Tempo, dengan judul artikel Garansi Tagihan Setrum (Tempo, 18 Maret 2012). Nur Hidayat dan Sandika Prihatnala, wartawan Majalah Gatra berhasil meraih juara 2 dengan artikel berjudul Memanen Energi dari Pekarangan Rumah (Gatra, 8 Februari 2012). Sementara Juara 3 diraih oleh Kormen Barus, Wartawan Bussines Review, dengan judul Menaruh Asa di Energi Terbarukan (Bussinesreview Online, 29 Juni 2012).

Untuk kategori penulis, Juara 1 diraih oleh Prof DR Rer Nat Rosari Saleh, Guru Besar Departemen Fisika Universitas Indonesia, dengan artikel Energi Terbarukan Pasca – KTT Bumi Rio +20 (Seputar Indonesia, 6 Juli 2012). Artikel Sampah untuk Pembangkit Listrik (Suara Merdeka, 28 Nov 2011) tulisan Mochamad Syamsiro, Dosen Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra berhasil menyabet juara ke 2. Sementara Ir. Neni Utami Adiningsih, MT, Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati berhasil meraih juara 3 dengan judul artikel Energi Terbarukan Ramah Lingkungan (Suara Karya, Juni 2012).

Sementara Dewan Juri lomba foto yang terdiri dari fotografer senior, Eddy Hasbi dan Itta Wijono menetapkan fotografer Kompas, Sri Kumoro sebagai juara 1. Foto karyanya berjudul Panel Surya Di Ruas Jalan Tol Sekitar Gedung Parlemen (Kompas, 10 Juni 2012).

Juara 2 lomba foto diraih oleh Ruth Semiono dari Suara Pembaruan dengan judul foto Penggunaan Lampu Solar Cell (Suara Pembaruan, 30 Juni 2012). Foto berjudul Gubernur Jawa Timur Soekarwo Menjajal Mobil dengan BBM Limbah Plastik (www.tempo.co, 30 Juni 2012) hasil bidikan Ishomuddin berhasil meraih juara ketiga.

Penyerahan hadiah dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2012, bertepatan dengan penutupan EBTKE Conex di Jakarta.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.